Metode Split Test Iklan Facebook
Selain Google
Adword, Fb Ads merupakan salah satu iklan yang paling tertarget. Pada dasarnya targeting iklan pada
berdasarkan :
- Geografi (Negara, provinsi, kota)
- Umur
- Jenis kelamin
- Ketertarikan terhadap lelaki atau wanita
- Status hubungan (menikah, lajang, atau mungkin tidak dispesifikkan)
- Bahasa
- Pendidikan (sekolah menengah, kuliah, atau lulus kuliah, atau tidak terspesifikasi)
- Tempat bekerja (workplace)
SPLIT
TEST IKLAN
#Metode
Mungkin Seperti
Ini metode untuk melakukan Test Iklan.
Saya menggunakan metode seperti ini agar lebih terstruktur dan Benar.
Sebagai contoh saya menginginkan untuk mengkampanyekan sebuah
produk dengan sasaran berjenis kelamin Wanita dengan tipe Page Like. Tentunya
saya telah menyiapkan sebelumnya CW dengan tipe Soft Selling dan Gambar Premium terbaik dengan mengikuti
kaidah-kaidah tertentu.
Variabel dalam
Split test Iklan sangatlah banyak diantaranya, saya membaginya menjadi 2 yaitu
variable Luar dan dalam.
Variabel Luar
yaitu ;
1. Copywritting
2. Gambar/Image Premium
Variabel Dalam
yaitu variable yang berasal dari fb itu sendiri yang disesuai kan dengan
targeting dari Fb yang menurut saya sangatlah besar pengaruh nya yaitu :
1. Geografi (Negara, provinsi, kota)
2. Umur
3. Jenis kelamin
4
Ketertarikan terhadap lelaki atau wanita
5 Status
hubungan (menikah, lajang, atau mungkin tidak dispesifikkan)
6
Bahasa
7.
Pendidikan (sekolah menengah, kuliah, atau lulus kuliah, atau tidak
terspesifikasi)
8. Tempat
bekerja (workplace)
Dari sekian
banyak variable diatas tentu sangat pantas jika FB Ads disebut Ads paling
tertarget. Banyaknya variable ini juga
mengakibatkan butuh waktu dan biaya yang besar untuk mendapatkan iklan dengan
performa yang bagus.
Nah, dari sekian
banyak variable inilah yg dapat kita ubah sesuai dengan kebutuhan Split Testing.
Misal dalam
contoh berikut ini usia yang menjadi
variabelnya.
Singkatnya
seperti ini :
-
Produk A
-
Audience Wanita
-
CW Softselling
-
Tipe Page Like
-
Budget harian Rp
15.000 Tayang selama 3 hari
Campaige
Ad Set 1, Audience Usia 17-24, budget harian Rp 15.000, Bidding CPC
Ad set 2, Audience usia 25-28,
budget harian Rp 15.000, Bidding CPC
Ad set 2, Audience usia 29-32,
budget harian Rp 15.000, Bidding CPC
Ad set 3, Audience usia 33-36,
budget harian Rp 15.000, Bidding CPC
Ad set 4, Audience usia 36-40,
budget harian Rp 15.000, Bidding CPC
Note : budget min Rp 15.000 sebaiknya split digunakan selama min
3 hari tayang
Result
Kemudian hasil nya kita amati
dan analisis, yang bisa di break down menjadi :
1.
Jumlah
Like
2.
Jumlah
comment
Tinggi : Indikasi Iklan Bagus
dan Tertarget
3.
Jumlah
Share
Tinggi : Iklan bersifat Viral
4.
Harga
per click / CPC
Tinggi : iklan kurang baik
Rendah : iklan baik
5.
Konversi
Sales/ROI
Rasio biaya budget : profit
Tergantung :
Cara melayani /CS
Kemudahan dalam menggiring ke
kontak
teknik Closing
Post a Comment