Header Ads

Metode Split Test Iklan Facebook




Targeting
Selain Google Adword, Fb Ads merupakan salah satu iklan yang paling tertarget.  Pada dasarnya targeting iklan pada berdasarkan :

  •   Geografi (Negara, provinsi, kota)
  •   Umur
  •   Jenis kelamin
  •   Ketertarikan terhadap lelaki atau wanita
  •   Status hubungan (menikah, lajang, atau mungkin tidak dispesifikkan)
  •   Bahasa
  •  Pendidikan (sekolah menengah, kuliah, atau lulus kuliah, atau tidak terspesifikasi)
  •  Tempat bekerja (workplace)
SPLIT  TEST IKLAN

#Metode
Mungkin Seperti Ini  metode untuk melakukan Test Iklan. Saya menggunakan metode seperti ini agar lebih terstruktur dan Benar.
Sebagai contoh  saya menginginkan untuk mengkampanyekan sebuah produk dengan sasaran berjenis kelamin Wanita dengan tipe Page Like. Tentunya saya telah menyiapkan sebelumnya CW dengan tipe Soft Selling dan Gambar  Premium terbaik dengan mengikuti kaidah-kaidah tertentu.
Variabel dalam Split test Iklan sangatlah banyak diantaranya, saya membaginya menjadi 2 yaitu variable Luar dan dalam.

Variabel Luar yaitu ;
1.      Copywritting
2.      Gambar/Image Premium

Variabel Dalam yaitu variable yang berasal dari fb itu sendiri yang disesuai kan dengan targeting dari Fb yang menurut saya sangatlah besar pengaruh nya yaitu :

1.  Geografi (Negara, provinsi, kota)
2.  Umur
3.  Jenis kelamin
4   Ketertarikan terhadap lelaki atau wanita
5   Status hubungan (menikah, lajang, atau mungkin tidak dispesifikkan)
6    Bahasa
7.   Pendidikan (sekolah menengah, kuliah, atau lulus kuliah, atau tidak terspesifikasi)
8.   Tempat bekerja (workplace)



Dari sekian banyak variable diatas tentu sangat pantas jika FB Ads disebut Ads paling tertarget.  Banyaknya variable ini juga mengakibatkan butuh waktu dan biaya yang besar untuk mendapatkan iklan dengan performa yang bagus.
Nah, dari sekian banyak variable inilah yg dapat kita ubah sesuai  dengan kebutuhan Split Testing.

Misal dalam contoh berikut ini usia yang menjadi variabelnya.

Singkatnya seperti ini :
-           Produk A
-          Audience Wanita
-          CW  Softselling
-          Tipe Page Like
-          Budget harian Rp 15.000 Tayang selama 3 hari

Campaige

Ad  Set 1, Audience Usia 17-24,  budget harian Rp 15.000, Bidding CPC
Ad set 2, Audience usia 25-28, budget harian Rp 15.000, Bidding CPC
Ad set 2, Audience usia 29-32, budget harian Rp 15.000, Bidding CPC
Ad set 3, Audience usia 33-36, budget harian Rp 15.000, Bidding CPC
Ad set 4, Audience usia 36-40, budget harian Rp 15.000, Bidding CPC

Note : budget min Rp 15.000 sebaiknya split digunakan selama min 3 hari tayang

Result
Kemudian hasil nya kita amati dan analisis, yang bisa di break down menjadi :

1.    Jumlah Like

2.    Jumlah comment
Tinggi : Indikasi Iklan Bagus dan Tertarget

3.    Jumlah Share
Tinggi : Iklan bersifat Viral


4.    Harga per click / CPC
Tinggi : iklan kurang baik
Rendah : iklan baik

5.    Konversi Sales/ROI
Rasio biaya budget : profit

Tergantung  :
Cara melayani /CS
Kemudahan dalam menggiring ke kontak
teknik Closing

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.